Socmed dan Socnet sebagai Media Berbisnis
Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat. Tidak hanya hardware maupun software saja, bahkan penggunaanya oleh masyarakat pun semakin berkembang, terutama peggunaan socmed (Social Media) dan socnet (Soscial Network). Awalnya masyarakat menggunaka socmed dan socnet hanya untuk media berkomunikasi, kemudian berkembang menjadi media hiburan, sarana berbagi (sharing), hingga menjadi media berbisnis. Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan bisnis online, bahkan sebagian besar masyarakat memanfaatkan socmed dan socnet untuk berbisnis, entah itu sebagai konsumen, distributor, maupun produsen.
Bisnis pada socmed dan socnet terbagi menjadi dua yaitu, Over The Top (OTT) service & application dan electronic commerce (e-commerce) & mobile commerce (m-commerce). Berikut penjelasan yang lebih detail mengenai dua hal tersebut.
1. Over The Top (OTT) service & application
a. Definisi OTT
Over The Top(OTT) merupakan sebuah aplikasi atau layanan, di sebuah jaringan komputer khususnya internet yang terdapat pada application layer teratas di 5 layer TCP/IP Forouzan yang kekuatan utamanya yaitu konten berupa teks, audio, video dan dibantu provider untuk jaringan internetnya.
b. Kategori OTT
Kategori OTT terbagi menjadi tiga berdasarkan kontennya, mungkin beberapa dari pembaca mempunyai pertanyaaan mengapa OTT terbentuk menjadi tiga kategori?
Karena, seperti yang kita tahu OTT kekuatan utamanya pada konten sehingga OTT terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan kontennya.
Streaming adalah sebuah teknologi untuk memainkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan sesaat setelah ada permintaan dari user tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu.
Contoh socmed dan socnet dalam kategori streamin audio video: Youtube, Snapchat, Souncloud, Joox, Vimeo, Bigo live, Smule, Daily motin dan masih banyak lagi.
Seperti postingan saya yang pertama, media sosial dalah sebuah wadah (media) untuk membantu Anda dalam bersosialisasi dan berkomunikasi (berbagai informasi, pengetahuan, konten digital, data) ke semua pengguna internet. Sedangkan jejaring sosial merupakan bentuk jaringan (network) yang tercipta dari hasil komunikasi melalui media sosial tersebut, sebagai akibat adanya komunikasi antar pengguna internet pada topik, minat, hobi, yang sama di dalam media sosial tersebut.
Contoh socmed dan socnet dalam kategori Media Sosial (Socmed) dan Jejaring Sosial (Socnet): Facebook, Twitter, Instagram, Path, Kaskus, Google plus, Sebangsa, dan masih banyak lagi.
Dalam kategori ini dimana OTT sebagai media komunikasi yang digunakan masyarakat berko
munikasi melalui teks dalam bentuk chatting, audio dalam bentuk free call atau voice note, dan video dalam bentuk video call atau mengirim file berupa video.
Contoh socmed dan socnet dalam kategori Komunikasi (teks, audio, dan video): Telegram, Line, Whatsapp, Blackberry Messenger(BBM), We Chat, Catfiz, dan masih banyak lagi.
c. Bisnis
Iklan adalah sarana bisnis paling poluler di kalangan masyarat, mulai dari iklan di surat kabar, televisi, hingga OTT. Ini adalah salah satu contoh iklan pada suatu OTT.
Pada halaman utama Youtube kita sudah menjumpai iklan yang terpajang, belum lagi ketika kita memilih video untuk di tonton terkadang masih kita jumpai iklan.
Kerja sama antara OTT dengan provider memberi dampak positif bagi keduanya, Provider dapat memasarkan produknya di OTT tersebut, dan OTT mendapat keuntungan dari provider tersebut.
Kerja sama antara OTT dengan perusahaan non telco memberi dampak positif bagi keduanya, Perusahaan non telco dapat memasarkan produknya di OTT tersebut, dan OTT mendapat keuntungan dari perusahaan tersebut.
- Kerja sama dengan pemerintah (Kominfo)
d. OTT dalam jaringan Komputer (5 layer TCP/IP Foruzan)
TCP/IP adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.
Berdasarkan namanya, Over The Top(OTT) terletak pada layer teratas yautu application layer.
Berfungsi menyediakan servis-servis terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada Application Layer: HTTP, FTP, POP3, SMTP,OTT, dll.
Transport Layer berfungsi menyediakan servis yang akan digunakan oleh Application Layer. Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP.
Internet Layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik. Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.
Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.
Physical layer mendefinisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi. Hal hal seperti level tegangan, nomor dan lokasi pin interface, didefinisikan pada layer ini.
e. Teknologi
Berikut beberapa teknologi yang mendukung berjalannya OTT dengan baik:
Mobile Programing adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis Java yang dirancang untuk diimplementasikan pada perangkat mobile. Seperti: HP,PDA,BlackBerry, Commmunicator dll.
Mobile computing adalah kemapuan teknologi untuk mengahdapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis.
Sebuah metode virtualisasi yang memungkinkan sistem operasi, middleware, database server, email server sampai web itu sendiri adalah satu lapisan yang sama.
Computer Network merupakan hubungan dua atau lebih komputer beserta perangkat-perangkat lain agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi, sehingga membantu menciptakan efisiensi, dan optimalisasi dalam kerja.
Computer security adalah tindakan pencegahan dan deteksi terhadap gangguan pada sistem komputer.
2. Electronic commerce (e-commerce) & Mobile commerce (m-commerce)
a. Definisi
Bisnis pada socmed dan socnet terbagi menjadi dua yaitu, Over The Top (OTT) service & application dan electronic commerce (e-commerce) & mobile commerce (m-commerce). Berikut penjelasan yang lebih detail mengenai dua hal tersebut.
1. Over The Top (OTT) service & application
a. Definisi OTT
Over The Top(OTT) merupakan sebuah aplikasi atau layanan, di sebuah jaringan komputer khususnya internet yang terdapat pada application layer teratas di 5 layer TCP/IP Forouzan yang kekuatan utamanya yaitu konten berupa teks, audio, video dan dibantu provider untuk jaringan internetnya.
b. Kategori OTT
Kategori OTT terbagi menjadi tiga berdasarkan kontennya, mungkin beberapa dari pembaca mempunyai pertanyaaan mengapa OTT terbentuk menjadi tiga kategori?
Karena, seperti yang kita tahu OTT kekuatan utamanya pada konten sehingga OTT terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan kontennya.
- Streaming Audio Video
Streaming adalah sebuah teknologi untuk memainkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan sesaat setelah ada permintaan dari user tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu.
Contoh socmed dan socnet dalam kategori streamin audio video: Youtube, Snapchat, Souncloud, Joox, Vimeo, Bigo live, Smule, Daily motin dan masih banyak lagi.
- Media Sosial (Socmed) dan Jejaring Sosial (Socnet)
Seperti postingan saya yang pertama, media sosial dalah sebuah wadah (media) untuk membantu Anda dalam bersosialisasi dan berkomunikasi (berbagai informasi, pengetahuan, konten digital, data) ke semua pengguna internet. Sedangkan jejaring sosial merupakan bentuk jaringan (network) yang tercipta dari hasil komunikasi melalui media sosial tersebut, sebagai akibat adanya komunikasi antar pengguna internet pada topik, minat, hobi, yang sama di dalam media sosial tersebut.
Contoh socmed dan socnet dalam kategori Media Sosial (Socmed) dan Jejaring Sosial (Socnet): Facebook, Twitter, Instagram, Path, Kaskus, Google plus, Sebangsa, dan masih banyak lagi.
- Komunikasi (teks, audio, dan video)
Dalam kategori ini dimana OTT sebagai media komunikasi yang digunakan masyarakat berko
munikasi melalui teks dalam bentuk chatting, audio dalam bentuk free call atau voice note, dan video dalam bentuk video call atau mengirim file berupa video.
Contoh socmed dan socnet dalam kategori Komunikasi (teks, audio, dan video): Telegram, Line, Whatsapp, Blackberry Messenger(BBM), We Chat, Catfiz, dan masih banyak lagi.
c. Bisnis
- Iklan dan adsense
Iklan adalah sarana bisnis paling poluler di kalangan masyarat, mulai dari iklan di surat kabar, televisi, hingga OTT. Ini adalah salah satu contoh iklan pada suatu OTT.
Pada halaman utama Youtube kita sudah menjumpai iklan yang terpajang, belum lagi ketika kita memilih video untuk di tonton terkadang masih kita jumpai iklan.
- Kerja sama dengan Telco/Provider (Internet, Telekomunikasi)
Kerja sama antara OTT dengan provider memberi dampak positif bagi keduanya, Provider dapat memasarkan produknya di OTT tersebut, dan OTT mendapat keuntungan dari provider tersebut.
Line bekerja sama dengan IM3 Ooredoo
- Kerja sama dengan Perusahaan lain (non telco)
Kerja sama antara OTT dengan perusahaan non telco memberi dampak positif bagi keduanya, Perusahaan non telco dapat memasarkan produknya di OTT tersebut, dan OTT mendapat keuntungan dari perusahaan tersebut.
Line bekerja sama dengan Burger King ID
- Kerja sama dengan pemerintah (Kominfo)
Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa pemerintah (kominfo) bekerja sama dengan tiga OTT nasional untuk mengembangkan OTT nasional tersebut.
d. OTT dalam jaringan Komputer (5 layer TCP/IP Foruzan)
Berdasarkan namanya, Over The Top(OTT) terletak pada layer teratas yautu application layer.
- Application Layer
Berfungsi menyediakan servis-servis terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada Application Layer: HTTP, FTP, POP3, SMTP,OTT, dll.
- Transport Layer
Transport Layer berfungsi menyediakan servis yang akan digunakan oleh Application Layer. Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP.
- Internet Layer
Internet Layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik. Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.
- Network Access
Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.
- Physical Layer
Physical layer mendefinisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi. Hal hal seperti level tegangan, nomor dan lokasi pin interface, didefinisikan pada layer ini.
e. Teknologi
Berikut beberapa teknologi yang mendukung berjalannya OTT dengan baik:
- Mobile Programming
Mobile Programing adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis Java yang dirancang untuk diimplementasikan pada perangkat mobile. Seperti: HP,PDA,BlackBerry, Commmunicator dll.
- Mobile Computing
Mobile computing adalah kemapuan teknologi untuk mengahdapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis.
- Cloud Computing
Sebuah metode virtualisasi yang memungkinkan sistem operasi, middleware, database server, email server sampai web itu sendiri adalah satu lapisan yang sama.
- Computer Network
Computer Network merupakan hubungan dua atau lebih komputer beserta perangkat-perangkat lain agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi, sehingga membantu menciptakan efisiensi, dan optimalisasi dalam kerja.
- Computer Security
Computer security adalah tindakan pencegahan dan deteksi terhadap gangguan pada sistem komputer.
2. Electronic commerce (e-commerce) & Mobile commerce (m-commerce)
a. Definisi
- E-commerce : Transaksi jual beli secara digital dengan jaringan komputer khususnya internet.
- M-commerce : Bentuk evolusi dari transaksi jual beli digital yang diakibatkan oleh perkembangan jaringan komputer khususnya internet dan perangkat mobile.
b. Teknologi
- Programming: pemrograman e-commerce dan m-commerce berjalan pada Android, iOS, dan Windows phone platform.
- Near Field Communication: Near Field Communication (NFC) adalah teknologi komunikasi nirkontak yang menggunakan gelombang radio dengan cara menyentuhkan atau mendekatkan perangkat yang terkait dalam jarak dekat. Teknologi ini kompatibel dengan infrastruktur kartu cerdas nirkontak dan pembaca kartu cerdas nirkontak, dan telah memiliki spesifikasi yang ditetapkan oleh ISO/IEC, ECMA, ETSI, dan/atau NFC Forum. NFC merupakan evolusi RFID.
- Cloud Computing: Sebuah metode virtualisasi yang memungkinkan sistem operasi, middleware, database server, email server sampai web itu sendiri adalah satu lapisan yang sama.
c. Pengguna
- Perorangan (Individu) : pengguna e-commerce dan m-commerce adalah masyarakat termasuk kita sendiri dimana kita memanfaatkan socmed dan socnet sebagai media berbisnis. Kaskus, Facebook, Instagram, dan Line adalah beberapa contoh socmed dan socnet yang sering digunakan individu untuk menjajakan dagangannya atau membeli sesuatu.
- Corporate (Perusahaan) : dimana sebuah perusahaan memanfaatkan e-commerce dan m-commerce sebagai media untuk menjalankan bisnis mereka. Misalnya Lazada, Zalora, Blibli.com, dan masih banyak lagi.
Sekian posting-an saya kali ini, bagaimana? beminat menggunakan socmed dan socnet untuk berbisnis? Jangan hanya untuk eksis dan sharing-sharing hal ya tidak penting teman-teman, mari memanfaatkan socmed dan socnet untuk hal yang lebih menguntungkan. Semoga bermanfaat :)
Referensi:
- http://agry_alfiah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/36494/kel+2_JARINGAN+MULTIMEDIA.pdf
- Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. Wireless Sensor Network. Informatika : Bandung
- http://liejasa.dosen.narotama.ac.id/files/2011/09/Mobile-Programming-pertemuan-ke-1-27-Februari-2012.pdf
- https://www.scribd.com/doc/240684800/Mobile-Computing
- http://kelasonline.net/wp-content/uploads/2013/07/Cloud-Computing.pdf
- https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2007-1-00331-IF-Bab%202.pdf
- http://portal.stikom-db.ac.id/files/a3m-nix/1.pdf
-https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/1536/DRAFT%20RPM%20NFC%20KONSULTASI%20%20PUBLIK.pdf
Referensi:
- http://agry_alfiah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/36494/kel+2_JARINGAN+MULTIMEDIA.pdf
- Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. Wireless Sensor Network. Informatika : Bandung
- http://liejasa.dosen.narotama.ac.id/files/2011/09/Mobile-Programming-pertemuan-ke-1-27-Februari-2012.pdf
- https://www.scribd.com/doc/240684800/Mobile-Computing
- http://kelasonline.net/wp-content/uploads/2013/07/Cloud-Computing.pdf
- https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2007-1-00331-IF-Bab%202.pdf
- http://portal.stikom-db.ac.id/files/a3m-nix/1.pdf
-https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/1536/DRAFT%20RPM%20NFC%20KONSULTASI%20%20PUBLIK.pdf
Komentar
Posting Komentar