ERP dan CRM
Mengapa ERP dan
CRM? Adakah hubungan antara ERP dan CRM? Apa hubungan antara ERP dan CRM? Tapi
tunggu, apa itu CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Customer Relationship Management (CRM)
merupakan suatu pendekatan baru dalam menanam kepercayaan, mengelola, dan
menjaga hubungan baik serta ke dengan pelangggan pada dunia bisnis sehingga
dapat memberi keuntungan lebih bagi perusahaan dalam proses pemasaran. Customer relationships merupakan aset
paling berharga bagi perusahaan, setiap perusahaan harus dapat menemukan dan
menjaga pelanggan yang menguntungkan, sehingga strategi menjaga hubungan baik
dengan pelanggan adalah kunci sukses di lingkungan bisnis yang kompetitif saat
ini. Mengelola hubungan baik dilakukan mulai dari pra transaksi, pada saat
stransaksi berlangsung, hingga pasca transaksi. CRM juga dapat digunakan
sebagai sarana untuk mengetahui sambutan pelanggan terhadap produk baru
perusahaan.
CRM menggunakan information technology (IT) untuk
membuat cross-functional enterprise
system yang mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses layanan kepada
pelanggan dalam hal pemasaran, penjualan, dan customer service. CRM dalam IT dapat diakses melalui software baik berupa website, mobile, desktop, dan cloud. CRM juga dapat dilakukan melalui social media yang biasanya disebut
dengan social CRM dengan tujuan brand awareness dan menggunakan machine learning yang selalu belajar dari sumbernya (customer) untuk memudahkan proses analisis. Social CRM adalah pengelolaan CRM dalam IT yang paling banyak
digunakan karena lebih mudah untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan maupun
calon pelanggan. CRM dalam IT berupa data baik tidak tersturktur (audio dan
video), semi terstruktur, hinggan terstruktur.
Hubungan antara
ERP dan CRM adalah untuk dilakukan integrasi baik dalam level aplikasi maupun
modul, integrasi data, dan open data untuk
mempermudah pertukaran data tanpa memperdulikan format data. Mengapa harus
diintegrasikan? Karena untuk mempermudah pihak perusahaan dalam mengembangkan
produknya, menentukan strategi bisnis, pemasaran, penjualan, strategi
mengahadapi competitor, serta menanamkan brand
awareness kepada masyarakat.
Kesimpulannya customer relationship management (CRM) adalah
kunci sukses untuk dapat bertahan di lingkungan bisnis yang kompetitif saat
ini. Sehingga dibutuhkan integrasi antara ERP dan CRM untuk dapat merancang
strategi-strategi perusahaan.
Komentar
Posting Komentar