ERP dan CRM


Mengapa ERP dan CRM? Adakah hubungan antara ERP dan CRM? Apa hubungan antara ERP dan CRM? Tapi tunggu, apa itu CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu pendekatan baru dalam menanam kepercayaan, mengelola, dan menjaga hubungan baik serta ke dengan pelangggan pada dunia bisnis sehingga dapat memberi keuntungan lebih bagi perusahaan dalam proses pemasaran. Customer relationships merupakan aset paling berharga bagi perusahaan, setiap perusahaan harus dapat menemukan dan menjaga pelanggan yang menguntungkan, sehingga strategi menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci sukses di lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini. Mengelola hubungan baik dilakukan mulai dari pra transaksi, pada saat stransaksi berlangsung, hingga pasca transaksi. CRM juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengetahui sambutan pelanggan terhadap produk baru perusahaan.

CRM menggunakan information technology (IT) untuk membuat cross-functional enterprise system yang mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses layanan kepada pelanggan dalam hal pemasaran, penjualan, dan customer service. CRM dalam IT dapat diakses melalui software baik berupa website, mobile, desktop, dan cloud. CRM juga dapat dilakukan melalui social media yang biasanya disebut dengan social CRM dengan tujuan brand awareness dan menggunakan machine learning yang selalu belajar dari sumbernya (customer) untuk memudahkan proses analisis. Social CRM adalah pengelolaan CRM dalam IT yang paling banyak digunakan karena lebih mudah untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pelanggan. CRM dalam IT berupa data baik tidak tersturktur (audio dan video), semi terstruktur, hinggan terstruktur.

Hubungan antara ERP dan CRM adalah untuk dilakukan integrasi baik dalam level aplikasi maupun modul, integrasi data, dan open data untuk mempermudah pertukaran data tanpa memperdulikan format data. Mengapa harus diintegrasikan? Karena untuk mempermudah pihak perusahaan dalam mengembangkan produknya, menentukan strategi bisnis, pemasaran, penjualan, strategi mengahadapi competitor, serta menanamkan brand awareness kepada masyarakat.

Kesimpulannya customer relationship management (CRM) adalah kunci sukses untuk dapat bertahan di lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini. Sehingga dibutuhkan integrasi antara ERP dan CRM untuk dapat merancang strategi-strategi perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ERP pada UKM/UMKM

Tutorial Install Pentaho Business Intelligence

Pengantar Enterprise Resource Planning